STRUKTUR KONTROL DALAM BAHASA PEMPROGAMANN,
Struktur kontrol dalam bahasa pemrograman adalah suatu perintah / Statement yang kita gunakan untuk mengatur jalannya suatu program.
- · Struktur Kontrol Keputusan
Dalam bahasa pemrograman , Struktur Kontrol Keputusan digunakan untuk MEMUTUSKAN bagian program mana yang akan dikerjakan dan bagian program mana yang akan diabaikan ( dicuekin)
Dalam Java ada 3 macam Struktul Kontrol Keputusan :
1. IF

2. IF-Else
IF-Else digunakan apabila kita memiliki beberapa syarat dimana syarat tersebut adalah yang bernilai FALSE dan TRUE , untuk jelasnya lebih enak dijelaskan ke dalam program
3. Switch
Berbeda dengan IF dan IF-Else , Syarat yang ada di dalam Switch bisa sangat beragam . Penjelasannya adalah di bawah ini.

- Struktur Kontrol Pengulangan
Struktur Kontrol Pengulangan digunakan untuk mengulang blok-blok atau bagian dari kode program sesuai dengan keinginan kita
Untuk Struktur Kontrol Perulangan dibagi tiga , yaitu:
1. FOR
Struktur Kontrol Pengulangan FOR digunakan untuk mengulang suatu program secara berulang-ulang . Format untuk menggunakan FOR dalam suatu program adalah sebagai berikut :

Penjelasan :
– Inisialisation : inisialisasi pada variable yang digunakan untuk perulangan ( looping)
– Condition : membuat suatu kondisi dimana variable diulang sesuai dengan keinginan
– Iteration : membuat status update pada variable yang dilooping
– Condition : membuat suatu kondisi dimana variable diulang sesuai dengan keinginan
– Iteration : membuat status update pada variable yang dilooping
Kalau masih bingung , di bawah akan diberikan contoh programnya

2. WHILE
While merupakan suatu Suatu Struktur Kontrol perulangan dimana blok-blok statement program kita akan diulang sampai kondisinya sesuai (TRUE). Untuk format penulisan while bisa dilihat di bawah ini :

Masih bingung? di bawah ini akan diberikan contoh program supaya lebih enak untuk dimengerti :

3. DO-WHILEDO
WHILE adalah Struktur Kontrol Perulangan yang sama dengan while , dimana blok-blok kode kita akan diulang sampai kondisinya TRUE . untuk format penulisan DO-WHILE ada di bawah ini :

untuk contoh dari DO-WHILE akan dituliskan di bawah ini : untuk contoh dari DO-WHILE akan dituliskan di bawah ini :

0 Comments